Minggu, 15 Juli 2012

RIWAYAT HIDUP PENULIS

SUWADI KRIJO TARUNO lahir di desa Kasreman, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, pada hari Ahad Kliwon kalau benar tanggal 16 Juli 1946. Menggemari dan mengamati wayang sejak masih anak-anak. Senang belajar membuat wayang dimulai dari bahan rumput, kardus bekas bungkus garam dapur hingga akhirnya berkesempatan membuat wayang kulit sesungguhnya sebagaimana terlihat dalam buku ini.

Susunan keluarga satu istri yaitu Rahayuningsih, dua orang anak yaitu Dian Pertiwi dan Arjuna Sasrabahu, satu cucu yaitu Elin Kirana.

Setelah tamat SMAN  bagian PAL di Magetan tahun 1965, melanjutkan pendidikan formal di bidang kemaritiman/kelautan di Crash Program Pelayaran Departemen Perhubungan Laut Semarang tamat tahun 1968 dan memperoleh sertifikat Mualim Pelayaran Interinsuler, kemudian Mualim Pelayaran Besar-III, Strata-B di PLAP/AIP Jakarta memperoleh sertifikat Mualim Pelayaran Besar-II, up grading di STIP Jakarta memperoleh sertifikat Ahli Nautika Tingkat-I dan memperoleh letter of recognition sebagai Master Mariner (M.Mar.) dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Perhubungan Jakarta.

Terhitung mulai tanggal 20 Maret 1969 hingga 19 April 2001, naik-turun bertugas di atas lebih dari 30 kapal-kapal tanker PERTAMINA diawali dengan jabatan sebagai Mualim-IV kemudian Mualim-III/II/I hingga terakhir sebagai Nakhoda.

Tanggal 1 Agustus 2002 pensiun dari Direktorat Perkapalan PERTAMINA dan kemudian bergabung di PERTAMINA Maritime Training Center sebagai instruktur, mengajar Basic Safety Training, Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat, Deck Watch Keeping, Radar-Arpa Simulator, Oil Tanker Specialize Training Programme, Bridge Resource Management, Mooring Master, Ship Handling and Manouevring, Tanker Terminal Management Operation, Performance Quantity Control, Malacca and Singapore Strait Pilot Training, Coxswain, Marine Guard dsb.

Di samping kegiatan di atas, juga sebagai instruktur free lance pada kursus-kursus Tankers and Terminals Operation Management, Crude Oil Movement untuk pekerja perusahaan-perusahaan Off Shore Oil Drilling Joint Venture, Oil Tanking dan BP Migas.  

Pernah menulis buku KAMUS ISTILAH TANKER, suatu buku yang belum pernah ditulis orang di dunia internasional maupun dalam negeri. Karena Shipping Dictionary, Maritime Dictionary, Kamus Istilah Pelayaran sudah pernah ditulis orang, tetapi Kamus Istilah Tanker merupakan buku yang pertama kali ada.

Banyak tulisan-tulisannya dibidang pertankeran khususnya dan bidang perkapalan/ pelayaran umumnya, sering dimuat di bulletin WP (Warta Pertamina), Kemudi, INNI (Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia) dan Maritime.

Terhitung mulai tanggal 19 Desember 2011, bergabung di perusahaan kapal tanker PT.Cakra Bahana sebagai Manajer Operasi/DPA (Designated Person Ashore).

Tempat tinggal di Kompleks PERTAMINA Blok-R/No.18 Jl. Walangbaru Raya Tg.Priok, Jakarta Utara. Telpon nomor (021) 4304136, HP.0811 196553. E-mail: suwadi2009@yahoo.com

2 komentar:

  1. salam swuh rep data pitana
    pak,nama saya verian lebda alzena. sekarang saya kelas 4A sdn margomulyo 1 ngawi. saya penggemar wayang kulit. karena sering ndhalang saya dijuluki verian lebda carita. saya kesulitan mencari buku-buku wayang. jika bapak tidak keberatan, saya mau kok dikirimi buku wayang karangan bapak. trima kasih.

    BalasHapus
  2. saya juga mau tuh di kirimi buku wayang nya pak
    alamat saya ASDI Surakarta Jl. Garuda Mas No 3, Pabelan.Solo

    BalasHapus